Respons Seksual Wanita

731d3953be0708cb1dbde5a6cde8b477Respons seksual wanita
 
Respons seksual wanita terdiri dari excitement, orgasme dan resolusi. Respons tersebut melibatkan respons fisik dan psikologis.

Excitement
     Respons ini terjadi apabila manipulasi fisik genetalia atau khayalan seks mengaktifkan syaraf-syaraf parasimpatis yang mempersayafi daerah tersebut. Klitoris sangat peka terhadap manipulasi fisik. Pengaktifan saraf parasimpatis menyebabkan dilatasi pembuluh darah sehingga terjadi pembengkakan jaringan-jaringan erektil di vagina dan klitoris. Sel-sel penghasil mukus di vagina terangsang untuk mengeluarkan mukus sehingga vagina mengalami lubrikasi. Bagi wanita, pusat-pusat yang lebih tinggi di otak biasanya berperan penting dalam mempasilitasi pengaktifan saraf parasimpatis. Kecepatan denyut jantung dan respirasi meningkat.

Orgasme
     Sewaktu eksitasi seksual mencapai tingkat yang sangat tinggi, maka otot-otot vagina dan daerah perineum (posterior dari vagina) mulai berkontraksi secara ritmis. Otot-otot polos uterus dan tuba fallopii juga tampaknya mengalami gelombang kontraksi vagina dan uterus membantu mendorong sperma ke arah tuba fallopii.

Resolusi
     Setelah orgasme, terjadi periode resolusi. Periode ini ditandai oleh penurunan aliran darah genetalia dan kembalinya kecepatan denyut jantung dan respirasi ke normal.

Respons Seksual Wanita
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar