Inkontinensia Urine


     Inkontinensia Urine adalah keluarnya urine tanpa  disadari, tidak bisa ditahan yang menimbulkan masalah kesehatan, sosial, higine dan ekonomi, Inkontinensia urine merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada laki-laki maupun perempuan, baik anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Pada wanita lebih banyak dibandingkan laki-laki, terutama pada wanita lansia  sering melahirkan dan pernah operasi di daerah panggul. Inkontinensia urine jarang dikeluhkan oleh pasien atau keluarga karena dianggap sesuatu yang biasa dan tabu untuk diceritakan pada orang lain maupun pada dokter.

     Inkontinensia Urine bukan penyakit, tetapi merupakan gejala yang menimbulkan gangguan kesehatan, sosial, psikologi serta dapat menurunkan kualitas hidup. Dampak negatif dari Inkontinensia Urineadalah, tidak percaya diri, timbul infeksi didaerah kemaluan, tidak bisa beraktifitas dengan baik dan tidak nyaman dalam hubungan seksual. 
     Penyebab Inkontinensia urine dapat disebabkan oleh berbagai masalah medis diantaranya penipisan dan pengeringan kulit dalam vagina atau saluran kencing terutama setelah menopause, sementara pada pria disebabkan kelenjar prostat membesar atau melakukan operasi prostat.
     Pelemahan dan peregangan otot-otot dasar panggul setelah kehamilan dan melahirkan, Kegemukan dan obesitas  yang meningkatkan tekanan pada kandung kemih dan otot yang mengendalikan kandung kemih. 
     Sementara pada faktor penuaan berkaitan dengan banyak nya perubahan fisiologis seperti berkurang nya kemampuan otot lurik pada daerah urethra serta berkurangnya kapasitas dalam kandung kemih yang mengarah terjadinya Inkontinensia. 
     Menurut penelitian Incontinensia Urine pada wanita umumnya inkontinensia merupakan inkontinensia stres, artinya keluarnya urine semata-mata karena batukdan bersin. Inkontinensia stress ini dikenal karena gangguan neuropatik pada kandung kemih dan  berkurangnya kemampuan otot dasar panggul serta sphincter dalam menahan keluar nya urin dianggap sebagai penyebab inkontinensia stres.
Ditulis Oleh : "Ade Putra Suma"
ade putra suma Terima Kasih atas kunjungan Anda. Saat ini Anda sedang membaca artikel tentang Inkontinensia Urine. Jika Anda ingin mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya, Terima Kasih.
Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Inkontinensia Urine"

Posting Komentar