Hernia


Hernia
Hernia
 
1. Pengertian Hernia
     Hernia terjadi secara congenital, yaitu kelainan dengan adanya penonjolan organ atau jaringan melalui struktur normal. Setengah jutaan penduduk A.S setiap tahun melakukan operasi hernia.
     Hernia bisa timbul pada setiap umur, baik pada laik-laki & wanita, dan paling sering timbul pada daerah rongga abdomen sebagai akibat kelemahan congenital dari otot-otot abdomen. Kelemahan bisa terjadi akibat faktor umur.
Pada umur tua otot-otot diinfiltrasi oleh jaringan lemak dan jaringan ikat, yang menyebabkan kelemahan. Type yang paling sering timbul yaitu hernia inguinal (direct and indirect). Femoral, umbilical dan insisional atau vetral.

2. Etiologi dan Faktor Resiko
     Bila kelemahan otot timbul, baik congenital, diikuti oleh obesitas, kehamilan, mengangkat beban berat, batuk atau trauma. Faktor predisosisi juga berkaitan dengan stres situasional (trauma lokal yang berulangulan, aktifitas fisik yang keras), perubahan degeneratif berkaitan dengan peningkatan tekanan abdomen.

3. Patogenesis
     Kelainan struktural dan biokimia dan ketidaknormalan metabolisme kollagen diajukan sebagai kelainan yang terjadi pada hernia. Kelainan lain dari faktor biologik dapat menyebabkan ketidakseimbangan dari pembentukan dan lisis dari kollagen, merupakan hal yang sangat menentukan dalam pembentukan hernia. Sebagai contoh kondisi-kondisi yang tidak baik seperti DM, kegagalan ginjal, mal nutrsi dll.
     Hernia inguinalis terjadi sekitar 75% dari semua hernia, dan berasal dari kantungan peritonium dan bagian dari usus, menekan dinding abdomen yang kurang kuat. (Direct hernia), atau turun kebawah melalui kanalis inguinalis (indirect hernia).
     Direct inguinal hernia lebih sering terjadi pada umur tua, khususnya pada daerah dimana dijumpai kelemahan otot (jaringan otot).
     Indirect ingunal hernia memasuki kanalis inguinal dan sering terjadi pada anak-anak, dewasa muda dan pada laki-laki.
     Hernia femoral adalah penonjolan dari tabung intestin ke canalis femoralis, suatu bentuk tabung yang membawa pembuluh darah (saraf). Umbilikal hernia disebabkan oeh peningkatan dari tekanan abdomen pada daerah cincin pusat yang lemah.

4. Manifestasi Klinik
     Manifestasi klinik yang sering adalah penonjolan yang menetap atau intermitten, yang diikuti sakit yang terus menerus atau intermitten. Hernia inguinalis selaludimulai dari kecil seperti buah murbai, yan lembut yang berada dibawah kulit. Mula-mula tanpa rasa sakit dan dapat dikembalikan ketempatnya.

Hernia

Ditulis Oleh : "Ade Putra Suma"
ade putra suma Terima Kasih atas kunjungan Anda. Saat ini Anda sedang membaca artikel tentang Hernia. Jika Anda ingin mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya, Terima Kasih.
Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Hernia"

Posting Komentar