Coronary Artery Bypass Grafting (CABG)




Coronary Artery Bypass Grafting merupakan salah satu penanganan intervensi dari Penyakit Jantung Koroner (PJK), dengan cara membuat saluran baru melewati bagian Arteri coronaria yang mengalami penyempitan atau penyumbatan.

Coronary Arteri Bypass Grafting (CABG) bertujuan mengatasi kurang/terhambatnya aliran Arteri Coronaria akibat adanya penyempitan bahkan penyumbatan ke otot jantung. Pemastian daerah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan telah dilakukansebelumnya dengan melakukan kateterisasi Arteri Coronaria. CABG dilakukan dengan membuka dinding dada melalui pemotongan tulang Sternum, selanjutnya dilakukan pemasangan pembuluh darah baru yang dapat diambil dari Arteri Radialis atau Arteri Mammaria Interna ataupun Vena Saphenous tergantung pada kebutuhan, tehnik yang dipakai ataupun keadaan anatomic pembuluh darah pasien tersebut.
Awalnya CABG dilakukan dengan memakai mesin jantung paru (heart lung machine), dengan cara ini jantung tidak berdenyut setelah diberikan obat cardioplegic, sebagai gantinya mesin jantung paru akan bekerja mempertahankan sirkulasi nafas dan sirulasi darah selama operasi berlangsung.

Ditulis Oleh : "Ade Putra Suma"
ade putra suma Terima Kasih atas kunjungan Anda. Saat ini Anda sedang membaca artikel tentang Coronary Artery Bypass Grafting (CABG). Jika Anda ingin mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya, Terima Kasih.
Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Coronary Artery Bypass Grafting (CABG)"

Posting Komentar