Bell's Palsy

A. Pengertian
          Bells Palsy adalah suatu kelainan pada syaraf wajah yang menyebabkan kelemahan atau kelumpuhan tiba-tiba pada otot di satu sisi wajah.
          Syaraf muka adalah syaraf yang ketujuh dari dua belas syaraf-syaraf cranial. Setiap orang mempunyai dua syaraf muka, satu untuk setiap sisi muka. Syaraf muka berjalan dengan syaraf pendengaran (syaraf cranial kedelapan) ketika ia berjalan didalam dan sekitarnya struktur-struktur dari telinga bagian tenah. Ia keluar meninggalkan bagian depan dari telinga pada stylomastoid foramen (sebuah lubang pada dasar tengkorak) dimana ia kemudian berjalan melalui kelenjar parotid. Pada kelenjar paroid ia membagi kedalam banyak cabang-cabang yan menyediakan fungsi motor untuk beragam otot-otot dan kelenjar-kelenjar dari kepala dan leher.


B. Penyebab
          Penyebabnya tidak diketahui, tetapi diduga terjadi pembengkakan pada saraf wajah sebagai reaksi terhadap infeksi virus, penekanan atau berkurangnya aliran darah.

C. Gejala
          Bells Pasy terjadi secara tiba-tba. Beberapa jam sebelum terjadinya kelemahan pada otot wajah penderi bisa merasakan nyeri di belakang telinga. Kelemahan otot yang terjadi bisa ringan sampai berat, tetapi selalu pada satu sisi wajah.
          Sisi wajah yang mengalami kelumpuhan menjadi datar dan tanpa ekspresi, tetapi penderita merasakan seolah-olah wajahnya terpuntir. Sebagian besar penderita mengalami mati rasa atau merasakan ada beban di wajahnya, meskipun sebetulnya sensasi di wajah adalah normal.
         Jika bagian atas wajah juga terkena, maka penderita akan mengalami kesulitan dalam menutup matanya di sisi yang terkena. Kadang penyakit ini mempengaruhi pembentukan ludah, air mata atau rasa di lidah. Kelumpuhan akut unilateral dan otot-otot muka. Kelumpuhan  melibatkan semua otot-otot, termasuk dahi.

D. Diagnosa
         Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejalanya. Bell's Palsy selalu mengenai satu sisi wajah, kelemahannya terjadi tiba-tiba dan dapat melibatkan baik bagin atas atau bagian bawah wajah.
Ditulis Oleh : "Ade Putra Suma"
ade putra suma Terima Kasih atas kunjungan Anda. Saat ini Anda sedang membaca artikel tentang Bell's Palsy. Jika Anda ingin mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya, Terima Kasih.
Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Bell's Palsy"

Posting Komentar