Hemiparese

Hemiparese1Hemiparese2 Hemiparese

1. Definisi
Kondisi Hemiparese adalah kondisi dimana terjadinya kelemahan pada sebelah atau sebagian kanan/kiri tubuh (Lengan, tungkai dan wajah) yang berlawanan dengan lesi yang terjadi di otak.


2. Etiologi
Secara umum penyebab hemiparese adalah :

a. Tumor
Tumor otak kemungkinan disebabkan oleh : sisa sel embrional, faktor bawaan, akibat radiasi, adanya virus dan lain-lain. Tumor otak terdiri dari glioma, mengioma, cranio pharingoma, sarcoma dan lain -lain. Bila tumor di lobus frontalis atau di lobus parietalis dapat menyebabkan hemiparese kontra lateral.

b. Infeksi
Infeksi pada otak dapat disebabkan oleh bakteri, jamur dan virus. Infeksi otak berupa encephalitis dan meningitis (terjadi radang kuman TBC pada selaput meningen), hal ini dapat menimbulkan hemiparese.

c. Head injury atau trauma capitis
Cedera kepala akibat benturan kepala dengan benda keras dapat mengakibatkan terjadinya perlukaan pada kulit, otot dan tendon kepala, pendarahan subgaleal (pendarahan dibawah kulit kepala). Terjadi fraktur tulang tengkorak. Terjadinya trauma capitis dapat menimbulkan gejala neurologis yang berupa hemiparese.

d. Congenital
Congenital atau kelainan bawaan juga dapat menyebabkan hemiperese seperti cerebral palsy (kelumpuhan pada otak), hidrocepalus dan lain-lain.

e. Stroke
Stroke disebabkan karena adanya penyumbatan (non haemorrage) atau karena pendarahan otak (haemorrage).


3. Perubahan Patologi
Secara umum penyebab hemiparese akibat stroke, maka penulis hanya membahas perubahan patologi pada hemiparese akibat stroke.

Stroke karena adanya pendarahan di otak (stroke haemorrage) dan adanya penyumbatan di pembuluh darah di otak (stroke non haemorrage). Gangguan pembuluh darah otak yang disebabkan oleh aneurisme, arterisclerosis yang mengakibatkan pecahnya pembuluh darah otak pada arteri cerebralis mengakibatkan pendarahan di otak sehingga daerah distal dari lesi tidak mendapat oksigen dan suplai lagi. Di daerah lesi terbentuk hematom yang membentuk jaringan ikat di sekitar lesi, sehingga terjadi oedema cerebri dan mengakibatkan deficit neurologik.

Sedangkan stroke non haemorage terjadi karena adanya penyumbatan di pembuluh darah otak yang disebabkan oleh trombosis, emboli sehingga jumlah darah yang mengalir ke daerah distal dari penyumbatan berkurang kedaerah tersebut juga mengalami kekurangan oksigen akibat daerah tersebut juga mengalami kekurangan oksigen akibatnya daerah tersebut menjadi ischemic, di mana terjadi penekanan perfusi rendah, penyediaan oksigen menurun, CO2 dan asam laktat tertimbun. Pembuluh darah di bagian pusat daerah ischemic kehilangan tonus dan terjadi proses degeneratif akibat dari oedema cerebri sehingga terjadi infark dan timbul manifestasi deficit neurologik yang berupa hemiparese yang bersifat kontra lateral dari daerah lesi di otak.


4. Tanda dan gejala klinis
Adapun tanda-tanda dan gejala yang terdapat pada hemiparese sinistra disesuaikan dengan stadiumnya, yaitu:

a. Stadium akut
Pada stadium ini terjadi penurunan kesadaran yang dinamakan opopletik fit. Serangan ini dapat didahului dengan sakit kepala, pusing tapi kadang-kadang tanpa keluhan, maka penderita menjadi pucat, nafas bersuara berat karena saluran nafas terhalang oleh lidah yang paralisis, pupil mata melebar. Kadang satu pupil lebih lebar dari yang lain disebabkan oleh paralysis dari iris/otot mata, denyut jantung dan nadi tidak teratur biasanya lambat. Anggota gerak yang terkena menjadi fleksid paralysis, semua reflek hilang.

b. Stadium recovery
Stadium ini dimulai dengan tanda pulsa/denyut nadi menjadi lebih cepat, temperatur/suhu tubuh naik, penderita gelisah, mudah terkejut dan kadang sulit tidur. Sistem reflek kembali seperti semula pada system sehat, otot yang mengalami fleksid paralisis menjadi spastik. Kebanyakan otot yang terserang berada dalam keadaan fleksid untuk beberapa hari sampai 2 atau 3 minggu, terutama pada daerah lengan dan jari tangan.

c. Stadium spastisitas
Keadaan otot dan reflek sudah mulai kembali, tetapi berlebihan, timbul ankle klonus dan reflek patologi (babinski sign). Lengan masih dalam keadaan serangan yang lebih berat dibanding dengan tungkai dan wajah. Biasanya lengan terfiksir melekat pada badan dengan posisi adduksi shoulder, semi fleksi elbow, lengan bawah pronasi, wrist dan finger fleksi ini merupakan posisi karakteristik. Tungkai terfiksir pada ibu jari oposisi, posisi lutut ekstensi, plantar fleksi, eksternal rotasi dan mengalami drop foot. Bila wajah yang terkena serangan, dampaknya lebih ringan dan yang terkena adalah wajah bagian bawah. Lidah akan membelok ke samping bagian paralysis.


5. Komplikasi
Komplikasi yang terjadi pada penderita hemiparese antara lain:

a. Odema
Biasanya terjadi pada tangan dan kaki, ini terjadi karena peningkatan volume cairan ekstra cerebral dan ekstra seluler.

b. Dekubitus
Dapat terjadi karena posisi tidur yang menetap atau daerah yang mengalami nekrosis jaringan kulit dan bawah kulit.

c. Batu kandung kemih
Immobilisasi yang lama menyebabkan terjadinya gangguan saluran kencing karena naiknya konsentrasi kadar kalsium urine yang tertinggal pada kandung kemih yang menyebabkan infeksi saluran kencing dan mudah terjadi batu kandung kemih yang menyebabkan iritasi mukosa kandung kemih. Iritasi jaringan dan infeksi merupakan dua faktor yang mempercepat terbentuknya batu ginjal.

d. Kontraktur
Akibatnya sendi-sendi menjadi kontraktur karena berbaring dalam satu posisi.

e. Pneumonia hipostatik
Karena posisi tidur yang terlentang terus menerus.
 
Hemiparese

Ditulis Oleh : "Ade Putra Suma"
ade putra suma Terima Kasih atas kunjungan Anda. Saat ini Anda sedang membaca artikel tentang Hemiparese. Jika Anda ingin mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya, Terima Kasih.
Artikel Terkait:

8 komentar untuk "Hemiparese"

  1. Terimakasih Informasinya sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Kembali...
      Senang bisa membantu

      Hapus
  2. Trima ksih, sngat brmnfaat.....

    BalasHapus
  3. Saya adlh penderita hemiparesis kiri sejak lahir.Terimakasih infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sebelumnya, saya mau bertanya, apakah tangan kiri anda juga tidak berfungsi secara maksimal? karena adik sy juga demikian usianya 9 tahun, bahkan sekrang tangan dan kaki kirinya udah semakin terlihat tdk normal keadaan ini juga sudah sejak dia lahir. apakah anda berobat dengan kondisi ini? terimakasih

      Hapus
  4. Sama seperti anak saya, sekarang lagi pengobatan.

    BalasHapus