Komunikasi Persuasif

A. Pengertian Persuasif
     Istilah persuasif diambil dari istilah bahasa Inggris “persuation” yang juga berasal dari bahasa latin “persuasio” persuasi mengandung bujukan, merayu, meyakinkan dsb.
B. Pengertain Persuasif Menurut Para Ahli
1. Kenneth E. Anderson 1972:218
     Menyatakan bahwa persuasif adalah proses komunikasi antar individu dimana komunikator mengunakan simbol – simbol untuk mempengaruhi pikiran si penerima sebagai dengan sendirinya, komunikator dapat merubah tingkah laku dan perbuatan audienns.
2. Erwin P. Betinghaus
     Dalam bukunya “persuasive communication 1973 : 10” menjelaskan bahwa mempengaruhi pemikiran dan perbuatan seseorang, hubungan aktivitas antara pembicara dan pendengar dimana pembicara berusaha mempengaruhi tingkah laku pendengar melalui perantara pendengaran dan penglihatan.
Jadi pengertian persuasi adalah suatu teknik mempengaruhi manusia dengan jalan memamfaatkan atau mengunakan data dan fakta pshycolos dan sosiologi dari komunikasi yang hendak dipengaruhi.
C. Prinsip – Prinsif Persuasi
Dikemukakan oleh JH.
     Perencanaan bahan - bahan yang akan disampaikan secara garis besar yaitu menyampaikan yang terencana dari tujuan komunikator. Disini pesan benar - banar harus diarahkan jalan menggolongkannya.
Yaitu :
1.Hal ini dapat disampaikan dan dilaksanakan karena pesan yang disampaikan bagus dan netral.
2.Pesan disampaikan dengan kabar yang buruk (dissapointing massage)
3.Persuasif massage dilaksanakan apabila komunikasi belum bisa menerima pesan dari komunikator.

Komunikasi Persuasif
Ditulis Oleh : "Ade Putra Suma"
ade putra suma Terima Kasih atas kunjungan Anda. Saat ini Anda sedang membaca artikel tentang Komunikasi Persuasif. Jika Anda ingin mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya, Terima Kasih.
Artikel Terkait:

Belum ada komentar untuk "Komunikasi Persuasif"

Posting Komentar